Admin |

Kajian Ahad Pagi - Layangan Putus Bersama Bu Ida Nur Laila


Kajian Ahad Pagi 13 Februari 2022

Tema : Layangan Putus

Merawat Layangan Agar tidak putus

Allah SWT berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Di antara tanda-tanda (kebesaran dan kekuasaan)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (Q.S. Ar-Rum : 21)

Keluarga Samara (Sakinah Mawaddah Warrohmah)

1. Sakinah

Buya Hamka dalam tafsir Al Azhar menjelaskan, “Agar tenteramlah kamu kepadanya”, artinya akan gelisahlah hidup kalau hanya seorang diri karena kesepian, terpencil tidak berteman.

Setelah menemukan pasangan, muncul rasa nyaman, tentram dengan pasangan.

2. Mawaddah

Buya Hamka dalam tafsir Al Azhar menjelaskan, “Dan dijadikan di antara kamu cinta dan kasih sayang” –Cinta dan kasih sayang akan sendirinya tumbuh. Pertama sebab positifselalu ingin menemui negatif, jantan mencari betina dan laki-laki inginkan perempuan. Cinta dan kasih sayang yang tersebut dalam ayat itu, dapatlah kita menafsirkan bahwa mawaddatan yang kita artikan dengan cinta, ialah kerinduan seorang laki-laki kepada seorang perempuan dan seorang perempuan kepada seorang laki-laki yang dijadikan Allah thabi’at atau kewajaran dari hidup itu sendiri. Oleh sebab itu maka tidak ada salahnya dalam pandanganajaranIslam jika kedua belah pihak suami isteri membersihkan badan, bersolek, berharum-haruman, wangi wangian, hingga kasih mesra mawaddatanitu bertambah mendalam kedua belah pihak.

3. Rahmah

Munculnya rasa kasih sayang antar sesama pasangan. Di waktu badan masih sama-sama kuat dan muda,

mawaddah (kasih cinta) lah yang tertonjol. Kalau sudah berumur, rahmah-lah (belas kasih) yang terkemuka. Suami dihormati dan isteri dihargai, karena pantas untuk dihormati dan dihargai. Orangtua dikhidmati oleh anak-anaknya, anak percaya dan sayang kepada ibu bapaknya, karena ibu bapak tidak pernah kecurian budi oleh anak-anaknya.

Tahap kehidupan pernikahan (dari cinta menuju cinta)

1. Romantic Love

Cinta antar pasangan masih bergejolak.

2. Dissapointment/Distress

Mengetahui sifat asli pasangan dari perilaku, sifat dan sikap yang menyebabkan suatu masalah.

3. Knowledge and awareness

Mencari solusi dari permasalahan yang muncul.

4. Transformation

Menyesuaikan diri dengan perilaku, sifat dan sikap pasangan.

5. Real Love

Saling mengalah dan selalu ingin memberikan yang terbaik untuk pasangan.

Dalam pernikahan pasti ada godaan ingin berselingkuh, adapun beberapa hal yang bisa di lakukan saat menghadapi godaan tersebut

1. Segera menyadari adanya godaan

2. Berusaha menghindari ketergodaan

3. Semakin medekat dengan pasangan

4. Selalu ingat kepada Allah dan menaati aturanNya

5. Kuatkan kebersamaan dengan pasangan

Terapi dari sisi suami adalah menundukkan pandangan ketika melihat wanita yang lebih cantik. Sedangkan Terapi dari sisi istri berusaha untuk Tampil menawan dan cantik di depan suami untuk menyenangkan hatinya.

Vaksin dalam rumah tangga

- Kesehatan Mental

- Kesegaran Spiritual

- Kehangatan Emosional

- Kecerdasan Intelektual

- Kepuasan Seksual

- Kontrol Sosial



Informasi


Follow Us


© 2023 Corps Dakwah Masjid Syuhada | Template by izza wildan