Admin |

Keluarga Sebagai Perioritas dakwah


Kajian Ahad Pagi 23 oktober

Tema : Keluarga Sebagai Perioritas dakwah

Rekaman : https://open.spotify.com/episode/6ai0He2XtRltkGNGQoUTcl

Dakwah dalam bahasa arab berarti “ajakan”, dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil manusia untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan akidah, akhlak dan syariat Islam secara sadar dan terencana. 

Dakwah merupakan segala bentuk aktivitas penyampaian ajaran Islam kepada orang lain dengan berbagai cara bijaksana agar memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam semua lapangan kehidupan. Sebelum melakukan dakwah kepada orang lain secara luas, hendaknya kita melakukan kegiatan dakwah dalam lingkup kecil terlebih dahulu seperti kepada keluarga/ masyarakat terdekat.

Sesungguhnya Allah Ta’ala ketika pertama kali mengutus Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Allah Ta’ala mengatakan,

وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ

“Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat.” (QS. Asy-Syu’araa’ [26]: 214)

Jika di tempat kita sendiri terdapat ruang dan kesempatan untuk berdakwah dan memperbaiki kondisi masyarakat, maka tidak selayaknya baginya untuk keluar ke luar daerah yang lain, meskipun bersama tetangganya. Jika tidak ada (ruang untuk dakwah di tempat kita), misalnya karena di daerahnya sudah berada dalam kondisi yang diinginkan oleh syari’at, maka boleh baginya untuk keluar ke daerah (yaitu tempat yang ke dua), kemudian ke tempat yang ke tiga, dan demikian seterusnya.

Jadi alangkah baiknya kita memperioritaskan dakwah di lingkungan keluarga kita, dakwah tidak perlu dengan kata2, tapi dakwah bisa dengan perilaku dan perbuatan. Contohnya dengan mengajak keluarga atau anak2 kita ke masjid itu sudah merupakan dakwah karna hakikatnya dakwah itu ( ajakan ) mengajak kepada dua atau lebih orang.

Menurut Moh. Ali Aziz dalam buku Ilmu Dakwah, secara garis besar bentuk dakwah ada tiga macam, yakni:

1. Dakwah bil lisan adalah dakwah yang disampaikan langsung secara lisan

2. Dakwah bil hal adalah Dakwah yang disampaikan melalui perbuatan seperti menyingkirkan duri di jalan

3. Dakwah bil qolam yakni dakwah yang disampaikan lewat sebuah

tulisan.

Adapun hikmah dari berdakwah yaitu

1. Belajar kesabaran dan keuletan dalam berjuang menegakkan agama Allah.

2. Memahami bahwa tugas seseorang hanya untuk menyampaikan kebenaran. Sementara yang dapat memberikan hidayah hanyalah Allah SWT.

3. Memahami bahwa Allah SWT pasti akan menguji seseorang yang akan berdakwah.



Informasi


Follow Us


© 2023 Corps Dakwah Masjid Syuhada | Template by izza wildan